Tips Ampuh Agar Tidak Cedera Saat Berolahraga

Olahraga memang merupakan aktivitas fisik yang baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Hanya saja bila Anda asal-asalan saja dalam berolahraga dan mengabaikan berbagai aspek penting di dalamnya, jangan heran jika Anda bisa mengalami cedera saat olahraga baik ringan maupun berat.

Tips Agar Tidak Mengalami Cedera Saat Olahraga

Tujuan utama setiap orang melakukan olahraga tentu adalah agar tubuh lebih sehat, kuat, serta tetap aktif dan bugar. Hanya saja banyak orang yang tidak tahu bahwa olahraga yang sembarangan dapat memicu cedera. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, lakukan tips-tips di bawah ini:

Pilihlah jenis olahraga yang tepat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih jenis olahraga yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.  Olahraga yang tepat harus disesuaikan dengan keadaan fisik Anda. Sebagai permulaan, pilih jenis olahraga ringan yang tidak memberatkan Anda.

Perlu Anda ketahui juga bahwa orang dengan batasan usia (anak-anak, remaja, lansia) kondisi fisik (sedang hamil dan menyusui atau tidak, ada cidera atau tidak) juga kondisi penyakit tertentu (hipertensi, jantung) sebaiknya harus berhati-hati dalam memilih olahraga.

Gunakan perlengkapan olahraga yang tepat terhindar dari cedera saat olahraga

Masing-masing olahraga tentu memiliki perlengkapannya tersendiri, seperti misalkan sepatu. Sepatu untuk berolahraga tentu beda dengan sepatu casual yang dipakai sehari-hari. Misalkan sepatu lari tentu juga akan berbeda dengan sepatu futsal atau sepatu bola.

Oleh sebab itu penting untuk menggunakan peralatan dan perlengkapan olahraga yang tepat. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan ukuran Anda. Sebisa mungkin gunakan perlengkapan olahraga yang kualitasnya bagus.

Jangan lewatkan pemanasan dan peregangan

Pemanasan berguna untuk melemaskan otot-otot serta mempersiapkannya untuk melakukan aktivitas fisik yang lebih intens. Oleh sebab itu, agar tidak terjadi cidera otot yang bisa berakibat fatal, selalu lakukan pemanasan sebelum olahraga serta jangan lupa sesi peregangan dan pendinginan setelah selesai berolahraga.

Tips terakhir yang tak kalah penting, jangan berlebihan dalam berolahraga. Tubuh Anda memiliki batas kemampuannya masing-masing, maka supaya tidak terjadi cedera saat berolahraga selalu berolahraga sesuai porsi yang tepat serta tidak memaksakan diri. Beristirahatlah jika dirasa sudah lelah.

Tinggalkan komentar